Search

Keunikan Mainan Kayu


Sejak dulu, mainan sudah menjadi bagian penting untuk masa pertumbuhan anak-anak. Para arkeolog bahkan menemukan mainan kayu berbentuk boneka, kuda, dan kereta peninggalan zaman Yunani dan Romawi kuno ribuan tahun lalu. Sejak saat itu, mainan kayu terus berkembang untuk dijual kepada masyarakat umum dengan detail yang semakin rumit. Miniatur kayu seperti rumah boneka, panggung teater, mainan tentara, dan kereta api kayu lengkap dengan relnya menjadi semakin populer. Pengerjaan mainan kayu dibuat, diukir, lalu dilukis tangan oleh para pengrajin kayu dengan warna-warna cerah yang hidup membuat mainan-mainan tersebut menjadi mainan terlaris pada abad 17 sampai 19.

Setelah Perang Dunia II berakhir, barulah bahan baru seperti plastik menjadi populer dalam industri manufaktur. Bahan plastik ini jauh lebih murah dan modern karena dapat diproduksi massal. Hal ini mendorong banyak pengrajin kayu untuk beralih menggunakan bahan plastik, sehingga produksi mainan kayu terus menurun. Mainan plastik jauh lebih mudah untuk diproduksi dalam jumlah besar dan lebih terjangkau bagi banyak keluarga yang memiliki anak-anak. Maka tak heran jika mainan plastik pada umumnya masih lebih murah jika dibandingkan dengan mainan kayu. Dianggap lebih aman karena sifat mainan kayu yang mudah terbakar dan mungkin dapat menjadi penyebab sakit dan luka akibat terlempar atau jatuhnya benda-benda dari kayu. Padahal di lain sisi, mainan kayu tidak mengandung bahan kimia beracun yaitu BPA dan PVC seperti dalam mainan plastik.


Mainan kayu tentu lebih alami dan mayoritas dibuat secara handmade, sehingga berbeda dengan mainan pabrikasi secara umum. Mainan ini diproduksi dari kayu-kayu pilihan dan dibentuk sesuai kebutuhan mainan. Setelah itu pengrajin akan membuat detail ukiran dan melakukan pengecatan dengan cat non-toxic, lalu dipernis dan dikemas. Seperti barang kerajinan lainnya, mainan kayu yang dibuat secara handmade memiliki keunikan dan keindahannya tersendiri. Nah, berikut ini merupakan ciri umum mainan kayu yang dibuat secara handmade:


1. Menggunakan Beragam Jenis Kayu

Setiap produk mainan kayu menggunakan berbagai macam bahan kayu, sehingga tentu jenis, tekstur, hingga polanya akan berbeda pula. Kayu itu ekspresif dan indah secara estetika yang menceritakan tentang alam dan kehidupan. Ketika perjalanannya dari generasi ke generasi berakhir, ia dapat didaur ulang kembali ke alam. Mainan dengan bahan baku kayu sangat kuat sehingga dapat bertahan lama. Jika ada sesuatu yang rusak, dapat diperbaiki dengan lem. Selain itu, kayu pun cocok dengan siklus alami tanpa masalah.


2. Memiliki Pola dan Tanda Alami yang Unik

Tanda dan simpul pada mainan seperti tahi lalat pada tubuh manusia, sebagai tanda kehidupan yang membuat setiap mainan begitu istimewa dan unik. Misalnya bintik-bintik gelap pada kayu yang disebabkan oleh endapan mineral, sebagai penanda bahwa jika pohon telah tumbuh dan cabangnya berkembang. Begitu pula dengan garis-garis hitam yang disebut jantung pohon, membuat warna dan struktur lebih gelap pada permukaan kayu. Variasi unik adalah bukti kualitas, bukan cacat. memiliki ciri unik yang dibuat oleh alam. Butir kayu memiliki struktur dan warna yang berubah-ubah berfungsi sebagai bukti keasliannya.


3. Memiliki Proses Finishing yang Beragam

Warna dalam proses finishing kayu dikenal dengan dua jenis warna, yaitu pigmented/solid color dan stain color. Pigmented color bersifat menutup permukaan media kayu secara total, sehingga serat kayu tidak akan terlihat. Berbeda dengan pewarnaan metode stain dengan hasil natural transparan, sehingga hasil aplikasi wood-stain masih memperlihatkan keindahan struktur dan serat kayu. Warna yang lembut dan menonjolkan karakter asli kayu adalah bentuk keaslian mainan kayu yang unik dan beragam di setiap produknya.


photo by Tulusara

Nah, itu dia keunikan dan keindahan mainan kayu yang membuatnya mampu bertahan dari generasi ke generasi untuk dimainkan. Pesona dan daya tarik dari masa kanak-kanak klasik ini membuat sejumlah produsen dan pengrajin mainan kayu tetap mempertahankan usahanya sampai sekarang. Tertarik untuk mengoleksi dan memainkan mainan kayu? Kunjungi website Tulusara untuk produk-produk mainan kayu tersebut.