Search

Cara Membersihkan Mainan Kayu

Updated: Jan 26, 2021


photo by Tulusara

Bahan kayu yang dapat menyerap air akan menjadi kasar dan berubah bentuk bila dimasukkan ke dalam air. Sehingga tidak direkomendasikan untuk mainan kayu dibersihkan dengan cara dicuci, direndam, atau disiram. Sebagai alternatif, moms bisa membersihkan mainan kayu dengan cara berikut


1. Membersihkan Mainan Kayu yang Tidak Dipernis (Unvarnished)

Mainan dapat dibersihkan permukaannya dari debu, sangat direkomendasikan menggunakan lint roller (IKEA Bastis/Proclean). Lint roller ini merupakan alat pembersih debu bahkan bulu berbentuk gulungan dengan gagang yang mudah dan cepat digunakan. Dengan menggulungnya pada permukaan mainan, debu yang tadinya menempel akan terangkat pada roller.

photo by IKEA

Apabila tidak bisa menggunakan roller, dapat gunakan damp cloth sebagai alternatif untuk membersihkan seluruh permukaan kayu. Damp cloth atau kain lembab ini digunakan untuk mengangkat kotoran-kototan pada mainan.


Unvarnished wooden toys diantaranya: grimms, glucksafer, avdar, ostheimer


2. Membersihkan Mainan Kayu yang Sudah Dipernis (Varnished)


photo by Melli Voo

Untuk membersihkan kotoran membandel pada mainan kayu yang sudah dipernis bisa menggunakan Taf spray atau Astonish antibacterial, setelah itu lap menggunakan lap katun atau microfiber. Kain katun ataupun microfiber memiliki serat lembut yang tipis, sehingga dapat menarik debu dan kotoran dengan baik dalam keadan kering maupun basah. Sangat tidak direkomendasikan mencuci wooden toys menggunakan air dengan direndam atau disiram walaupun kayu sudah divarnish.


Varnished wooden toys diantaranya: holztiger, sumblox, the freckled frog, lanka kade, candylab, etc