Search

Cara Membuat Mainan Kayu Awet dengan Pernis


photo by Tulusara

Varnish atau top coat (vernis, pernis) merupakan hasil akhir berupa lapisan pelindung yang keras dan transparan. Pernis terutama digunakan pada kayu agar pola dan urat kayu yang alami terlihat, juga berfungsi untuk melindungi kayu dari saliva, jamur, dan air agar tidak masuk ke pori-porinya. Sebelum mengaplikasikan varnish untuk wooden toys, persiapkan:

1. Lint roller (IKEA Bastis/ Proclean) untuk membersihkan permukaan kayu, karena tidak bisa dibersihkan kembali apabila sudah terperangkap di balik varnish.

2. Biovarnish clear coat "matte or doff (waterbased, non toxic)

3. Kuas foam, wajib untuk menghindari bekas garis-garis halus di permukaan kayu jika menggunakan kuas biasa. Direkomendasikan merek Ace ukuran 2", 3", 4", jika perlu ukuran 1" bisa menggunakan merek lain.

4. Amplas Toho Premium Grit 400, 800, dan 1500 secukupnya.

Semua keperluan di atas bisa didapatkan di marketplace. Berikut cara mengaplikasikan pernis pada mainan kayu yang terbagi menjadi dua, yaitu untuk kayu yang sudah dicat dan untuk kayu mentah tanpa cat.


photo by Melli Voo

Cara Aplikasi Varnish Kayu yang Sudah Dicat (Stain)

Tahap 1

1. Berikan sedikit air ke dalam biovarnish clear coat, kurang lebih 10-20ml untuk mengatur kekentalannya. Jangan terlalu kental ataupun terlalu encer.

2. Aplikasikan varnish ke kayu menggunakan kuas foam searah serat kayu ke seluruh permukaan dan diamkan hingga kering.

3. Kayu akan terasa sedikit lebih kasar tapi tidak boleh diamplas sama sekali untuk menghindari catnya terkikis hilang.


Tahap 2

1. Aplikasikan kembali varnish kayu menggunakan kuas foam searah serat kayu ke seluruh permukaan (horizontal, kiri kanan saja jangan berbagai arah atas bawah).

2. Diamkan hingga kering.

3. Setelah digunakan, selalu langsung cuci bersih kuas foam dari varnish agar kuas tidak mengering dan bisa digunakan kembali.


Selesai, cukup dua kali coating.