Search

Mainan Kayu dengan Logo FSC dan PEFC


photo by Tulusara

Pernahkah melihat logo FSC atau PEFC pada produk mainan moms? Keduanya merupakan logo dari program sertifikasi kehutanan internasional terbesar yaitu Forest Stewardship Council (FSC) dan Programme for the Endorsement of Forest Certification (PEFC). Produk-produk dengan logo FSC dan PEFC menjamin bahwa bahan baku yang digunakannya berasal dari hutan yang tersertifikasi dan dikelola secara lestari dan bertanggung jawab.


Sertifikasi pengelolaan hutan memastikan bahwa pemilik dan pengelola lahan hutan telah memenuhi standar pengelolaan yang ramah lingkungan. Selain itu, hutan dikelola secara bertanggung jawab dalam aspek lingkungan, sosial, dan ekonomi secara seimbang. Sehingga kayu yang digunakan bukanlah berasal dari penipisan alam. Oleh karena itu, produk-produk berlabel FSC berarti penggunaan hutan sesuai dengan kebutuhan sosial, ekonomi dan ekologi dan untuk penggunaan bahan daur ulang yang bertanggung jawab - untuk kepentingan generasi sekarang dan mendatang.


Dengan membeli produk bersertifikat FSC ataupun PEFC, moms sudah berkontribusi pada penggunaan sumber daya hutan global secara bertanggung jawab. Di satu sisi, FSC mencapai ini melalui definisi dan pengujian standar lingkungan dan sosial dalam pengelolaan hutan dan, di sisi lain, melalui pertimbangan bahan daur ulang, yang dapat digunakan dalam produk bersertifikat FSC. Berikut manfaat FSC dan PEFC




photo by Tulusara

1. Melindungi Lingkungan Hidup

Pengelolaan hutan dan lingkungan yang tepat, penting untuk memastikan pengelola hutan serta pengusaha produk kayu dan non-kayu mampu mempertahankan keanekaragaman hayati hutan, menjaga fungsi hutan, dan proses ekologi yang berkelanjutan.


2. Bermanfaat secara Sosial

Pengelola hutan membantu masyarakat lokal dan masyarakat luas untuk dapat menikmati manfaat jangka panjang hutan, menyediakan insentif yang layak untuk masyarakat lokal agar masyarakat terlibat dalam mempertahankan sumber daya hutan dan mengikuti rencana manajemen jangka panjang.


3. Menguntungkan secara Ekonomis

Pengelolaan hutan yang menguntungkan secara ekonomis berarti pengelolaan hutan